Senin, 02 April 2012 | By: Rifqatul Faiqah

Jangan Remehkan Perbuatan Menyontek !!!


Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Hal ini di rasakan dengan ketertinggalannya di dalam mutu pendidikan, baik pendidikan formal maupun non-formal. Di lihat dari perkembangannya, Indonesia masih sangat tertinggal jauh dengan dengan negara-negara lain dalam hal pendidikan.
Salah satu faktor yang menjadikan kualiatas serta mutu pendidikan di Indonesia yaitu dari generasi penerus bangsa itu sendiri, khususnya bagi para pelajar. Para pelajar yang di harapkan dapat memajukan kualitas pendidikan di Indonesia justru hanya membiarkan dan menambah kekurangan kualitas pendidikan di Indonesia. Para pelajar ini yang membiarkan sistem pendidikan di Indonesia menjadi lebih buruk. Salah satu hal buruk yang mereka lakukan dengan menjadikan sistem pendidikan semakin identik dengan kecurangan yaitu “menyontek”.
Menyontek bukanlah kata yang langka lagi untuk di dengar. Sebenarnya, menyontek merupakan perbuatan curang yang mengacu pada sifat tidak jujur. Perbuatan ini jelas salah dan sangatlah tidak mendidik. Pelajar yang seharusnya mendapat pendidikan yang baik, sebaliknya hanya mendapatkan pendidikan yang buruk. Hal inilah yang membuat kualitas pendidikan di negara ini semakin menurun. Kecurangan yang di buat oleh para pelajar akan berdampak negatif pula pada negara Indonesia.

Pada kenyataannya budaya contek-menyontek di Indonesia sudah menjadi tradisi hampir seluruh pelajar di Indonesia. Bahkan para pengajar mengetahui hal tersebut dan hanya membiarkan para murid-murid mereka melakukan hal curang yang sama sekali tidak mendidik tersebut. Di lain kasus, ada sekolah yang menganjurkan para murid-murid untuk menyontek massal. Para guru hanya ingin agar murid-muridnya lulus dengan nilai yang bagus dengan menggunakan cara yang curang tersebut. Bukankah cara tersebut tidak sangatlah mendidik, bukan ?
Kini para pelajar Indonesia semakin tertanam jiwa menyontek dalam diri mereka. Walaupun kata menyontek merupakan kata yang sangat sering di dengar dan dianggap remeh oleh masyarakat, akan tetapi perilaku ini sangatlah buruk dan berdampak besar bagi bangsa Indonesia ke depannya.
Menyontek bukanlah hal yang baik untuk ditiru ataupun dilakukan. Dengan menyontek kita telah membiarkan dalam jiwa ini tumbuh sifat kecurangan. Selain itu, dampak buruk dari menyontek sangatlah besar bagi diri sendiri maupun bagi bangsa ini.
Jadi, berhati-hatilah dan jangan meremehkan perbuatan menyontek. Hal tersebut bisa membuat kita seolah-olah melegalkan perbuatan jahat lainnya dan kemudian kita akan memaklumi semua hal curang. Harusnya kita memiliki rasa malu terhadap tindakan salah. Kita harus dapat mencegah segala perbuatan yang salah masuk kepada diri kita sendiri. Maka , janganlah sekali-kali melegalkan menyontek dan memakluminya karena menyontek merupakan suatu perbutan yang buruk dan membangun jiwa kita agar berbuat curang.






0 komentar:

Posting Komentar